Suster-Suster Cintakasih St. Carolus Borromeus
Cinta Tanpa Syarat dan Berbela Rasa dari Yesus Kristus yang Tersalib
Provinsialat CB
Jl. Kolombo 19A Yogyakarta 55223
Telp. 0274-514024, Fax. 0274-515709
home kontak    bukutamu  1 user(s) online   21 Nopember 2018

Berita Kegiatan

Pergi Dalam Damai Sejahtera

“Sekarang Tuhan, biarkan hamba-Mu ini pergi dalam damai sejahtera....” (Luk. 2: 29)

Suster Bertine Tri Hartati CB adalah anak ketiga dari 8 bersaudara, pasangan Bapak R.P. Siswopadmo dan Ibu Ag. Sukadiyah. Suster asal Paroki Keluarga Kudus, Banteng, Yogyakarta ini lahir tanggal 26 Juni 1943 di Yogyakarta. Lima bulan kemudian, tepatnya tanggal 12 November pada tahun yang sama, ia dipermandikan dengan nama Aloysia. Sakramen penguatan diterimanya tanggal 25 Agustus 1953.

Sr. Bertine dikenal sebagai pribadi yang sederhana, cekatan, tegas, dan disiplin. Hampir seluruh hidupnya diabdikan dalam pelayanan pendidikan. Dalam menjalankan perutusannya ia begitu gigih, tekun, rela berkorban dan tak kenal lelah. Ia melayani sesama dengan tulus hati, sebagai bentuk cintanya kepada Kongregasi

Dalam usianya yang ke-27, ia menerima anugerah panggilan untuk hidup membiara. Panggilan Tuhan ini ditanggapinya dengan mengikuti pembinaan di Postulat Suster-suster CB pada tanggal 6 Januari 1970. Masa novisiat ia jalani mulai tanggal 6 Januari 1971. Selanjutnya, prasetya pertama diterimanya tanggal 24 Maret 1973. Kesetiaannya dalam hidup membiara ia tandai dengan pengikraran prasetya kekal pada tanggal 26 Juni 1979.

Dalam kurun waktu 42 tahun hidup membiara, Sr. Bertine telah banyak mengalami kasih Tuhan melalui panggilan dan perutusannya khususnya dalam karya pendidikan. Setelah menyelesaikan masa novisiatnya pada tahun 1973, ia diutus studi di STKat Kotabaru, Yogyakarta, yang saat ini bernama IPPAK, hingga tahun 1975 dan tinggal di Komunitas Stella Duce Yogyakarta. Usai studi, ia diutus ke Komunitas Immaculata, Sambas, Jakarta, dan menjadi guru di SMP Tarakanita 1 Kebayoran Baru, Jakarta, selama 1 tahun. Pada 1 Januari 1976, Tuhan menantinya di Komunitas Tanjung Sakti, Sumatera Selatan. Di sana ia dipercaya menjadi Kepala SMP Xaverius Tanjung Sakti selama 3 tahun.

Setelah dari Tanjung Sakti, Sumatera Selatan, ia kembali ke Komunitas Immaculata, Sambas, Kebayoran Baru, Jakarta, untuk yang kedua kalinya dan menjadi Kepala SMP Tarakanita 5 Jakarta selama 7 tahun, hingga tahun 1986. Selanjutnya, pada tanggal 1 Juni 1986, Sr. Bertine berangkat ke Komunitas Bintang Samudera, Lewoleba, Flores, dan kongregasi mengutusnya menjadi Kepala SMP Pius X, Lewoleba, selama 10 tahun, hingga tahun 1996. Selain itu, mulai tahun 1993 hingga tahun 1996 ia dipercaya sebagai Pemimpin Komunitas Bintang Samudera Lewoleba, Flores.

Pada bulan Juli 1996 ia pindah ke Komunitas Bendul Merisi, Surabaya, dan dipercaya sebagai pemimpin komunitas dan Kepala Kantor Yayasan Tarakanita Cabang Surabaya selama 5 tahun, hingga tahun 2001. Dari Surabaya, Sr. Bertine pindah ke Komunitas Pius X Magelang sebagai pemimpin komunitas dan Kepala Kantor Yayasan Tarakanita Wilayah Jawa Tengah selama 8 tahun.

Kemudian, pada Juli 2009, demi ketaatannya pada Yesus yang mengutusnya melalui kongregasi, ia berangkat ke Komunitas Pluit, Jakarta, sebagai pemimpin komunitas dan pemerhati di SD, SMP, SMA Tarakanita Pluit, Jakarta. Mulai tahun 2010, masih di tempat yang sama, Sr. Bertine dipercaya sebagai Koordinator Karya Pendidikan di Komplek Tarakanita Pluit, Jakarta.

Kesetiaannya dalam bertekun pada cintakasih Tuhan telah membawanya untuk berpasrah pada kehendak-Nya. Akhirnya, Sr. Bertine Tri Hartati CB pun berpasrah pada Sang Empunya Kehidupan yang menjemputnya menuju alam keabadian pada hari Selasa, 13 Januari 2015 pukul 17.45 WIB di RS Sint. Carolus, Jakarta.

Misa requiem khusus untuk Keluarga Besar Yayasan Tarakanita diadakan pada Rabu, 14 Januari 2015, pukul 11.00 WIB di Kapel Sint. Carolus Jakarta. Sedangkan Ekaristi kedua diadakan pada hari yang sama pukul 17.00 WIB, dan sesudahnya jenasah langsung dihantar ke Yogyakarta. Ekaristi requiem di Yogyakarta diselenggarakan pada Kamis, 15 Januari 2015, pukul 11.00 WIB di kapel Maria Bintang Samudera, Jalan Kolombo 19A, Yogyakarta. Kemudian Sr. Bertine Tri Hartati CB dihantar ke tempat peristirahatannya yang terakhir di Makam Suster-suster CB, Mrican, Yogyakarta. 

Beristirahatlah dengan damai Tuhan, Suster.... 

<< kembali
Profile
sejarah, kharisma, visi, misi, logo
 
Struktur Organisasi
susunan kepemimpinan komunitas
 
Bidang & Tempat Karya
karya komunitas dan lokasi karya dalam berbagai bidang
 
Syarat Masuk
keterangan bagaimana menjadi suster CB
 
Tahap Pembinaan
tahapan yang ditempuh sampai menjadi suster
 
Berita Kegiatan
berita mengenai kegiatan yang dilakukan oleh suster CB
 
Agenda Kegiatan
daftar kegiatan yang akan dilaksanakan
 
Galeri Foto
foto mengenai kegiatan yang dilakukan oleh suster CB
 
 





©Suster-Suster Cintakasih Carolus Borromeus Provinsi Indonesia @2009.2018